Sabtu, 06 Februari 2010

Investasi emas 2

Pada saat ini terdapat banyak sekali "sarana" yang bisa di gunakan untuk berinvestasi di emas. Mulai dari gold coins sampai dengan struktur produk finansial yg sangat komplek spt ETG (Exchange Trade Gold) tergantung pada kebutuhan masing-masing individu (baca:Investor).

1. Koin & Batangan dalam bentuk kecil

2. Exchange-traded gold
- Gold-backed securities
Merupakan investasi emas yang ditransaksikan di bursa saham dengan ticker code tertentu*. Gold Back Securites ini ditransaksikan di beberapa bursa saham dunia seperti Australia, Perancis, Mexico, Singapura, Afrika Selatan, Swiss, Turki, Inggris, Amerika. Gold-backed securities ini di harapkan dapat memberikan hasil dari investasi setara dengan kinerja emas. Tidak seperti derivatives kontrak Gold-backed securities ini 100 % murni di back up oleh emas fisik. Gold-backed securities biasa dikenal dengan sebutan "Exchange Trade Gold" mekanisme transaksi Exchange Trade Gold ini tidak ada beda nya dengan transaksi saham pada umumnya, dimana investor di haruskan untuk membuka rekening terlebih dahulu di salah satu perusahaan yang terdaftar sebagai anggota bursa yang memiliki produk Exchange Trade Gold sebelum melakukan transaksi.

Futures and Options

- Gold Futures
Gold futures contract sebuah kontrak yang di dalam nya terdapat sebuah kewajiban untuk memberi & menerima serah terima barang dalam bentuk fisik dengan jumlah, tingkat / kadar kemurnian emas, waktu dan harga yang telah di tentukan sebelumnya.

- Gold Option
Adalah sebuah salah satu jenis derivative yang mewakili satu pihak (option writer) dengan pihak yang lain nya (option). Gold Option memberikan hak kepada pembeli tapi bukan merupakan sebuah kewajiban untuk melakukan pembelian / buy (call) ataupun jual / sell (put) dengan jumlah berat emas yang telah ditentukan harga dan waktu nya.

- Warrants
Dahulu Gold Warrants selalu di hubungkan dengan kepemilikan saham pada perusahaan tambang emas. Saat ini Gold Warrants biasa di gunakan oleh investment bank, Investment Bank memberikan hak kepada investor untuk membeli emas dengan harga dan waktu yang akan datang telah ditentukan sebelumnya. Untuk hak pembelian ini investor di wajibkan melakukan pembayaran premium. secara garis besar warrant hampir sama seperti option akan tetapi yang membedakan adalah option merupakan sebuah produk yang di keluarkan oleh otoritas bursa sedangkan warrant di keluarkan oleh perusahaan.

3. Gold accounts
- Allocated Account
sebuah rekening dimana emas fisik milik klien / customer di simpan di tempat penyimpanan atas nama klien/customer.

- Unallocated Account
Sebuah rekening dimana emas fisik milik kliean di simpan ditempat penyimpanan tidak atas nama klien / customer. dimana unallocated ini biasa nya lebih murah dari sisi biaya dibandingkan dengan allocated yg dikenakan biaya penyimpanan.

untuk investor dengan skala yang lebih kecil terdapat beberapa metode Gold Account yang bisa di gunakan sebagai investasi diantara nya :

- Gold Pool Accounts
Gold Pool Accounts ini memberikan kemudahan kepada investor untuk membuka Gold Account dengan jumlah berat kurang dari 1000 ounces.

- Electronic Currencies
EC (electronic currencies) salah satu pilihan yang tersedia untuk investor yang hendak melakukan pembelian dan penjualan emas. Biasa nya saldo yang terdapat pada Account Electronic Currencies juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran layak nya mata uang pada umumnya.

- Gold Accumulation Plans
Gold Accumulation Plans ini sama dengan tabungan yang terencana dimana tiap bulan investor akan melakukan penyimpanan sejumlah uang yang sdh ditentukan sebelumnya dan dalam kurun waktu tertentu, yang membedakan dengan tabungan biasa adalah uang yang digunakan untuk berinvestasi di investasikan ke emas.

4. Gold certificates
Sebuah surat berharga yang pertama kali diterbitkan oleh departemen keuangan amerika pada era perang sipil sampai dengan 1933 dengan denominasi US Dollar. Sertifikat ini memiliki nilai yang sama dengan emas dan dapat di perjual belikan dengan nilai yang sama / setara dengan nilai emas. Saat ini sertifikat emas ini memberikan kemudahan kepada investor untuk memiliki emas fisik tanpa harus bingung memegang emas fisik. Sertifikat Emas ini biasa nya di keluarkan oleh bank atau bisa juga oleh institusi lain. Jika investor memiliki sertifikat emas ini maka emas fisik yang di miliki oleh investor akan disimpan oleh penerbit sertifikat emas atas nama investor.

5. Gold orientated funds
Gold orientated funds merupakan investasi kolektif (kontrak investasi kolektif / KIK) tak ubah nya reksadana, closed end funds dll yang mana dana kelolaan dari investor akan di investasikan oleh manager investasi ke portofolio saham yang ada hubungan nya dengan emas / dalam hal ini perusahaan pertambangan yang core usaha nya merupakan tambang emas.

6. Structured products
Pasar terbesar dari Structured products ini di dominasi oleh investor institusi. karena minimal investasi untuk Structured products (dalam hal ini Forwards di pasar emas).
Dibawah ini merupakan bagian dari Structured products
- Forwards dengan underlying asset berupa emas
- Gold-linked bonds dan structured notes

Gold Linked Bond
Gold Link Bonds instrument investasi yg dikeluarkan oleh bullion dealers & Investment bank besar. produk ini memberikan kemungkinan kepada para investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga emas, imbal hasil (yield), keamanan modal.
Perbedaan antara medapatkan keuntungan dengan jalan membeli emas secara fisik VS mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan volatilitas pergerakan semakin lama semakin tipis, terutama sejak ada nya kemungkinan untuk berinvestasi emas tanpa harus memegang emas secara fisik.

Beberapa pertanyaan di bawah ini mungkin dapat membantu anda sebelum anda memutuskan emas sebagai kendaraan investasi anda.

1. Kenapa anda memutuskan berinvestasi di emas ?
2. Berapa besar skala / komposisi investasi emas anda dibandingkan dengan investasi anda yg lain nya ?
3. Apa anda sudah memiliki informasi yang lengkap mengenai faktor biaya (pajak, ongkos produksi, biaya penyimpanan, asuransi dll) ?
4. Apakah anda ingin memegang emas secara fisik ataukah ingin menyimpan emas anda ke tempat penyimpanan (vault) ?
5. Apakah anda menginginkan real asset dimana hal ini akan memberikan kesempatan kepada anda untuk memegang emas dalam bentuk fisik selama yang anda inginkan ? ataukah anda hanya ingin berinvestasi di Logam mulia / emas dengan tujuan mendapatkan capital gain dari fluktuasi harga emas tanpa perlu repot untuk menyimpan emas dalam bentuk fisik.

sumber Gold centre

Related Post: Investasi emas 1.

Tidak ada komentar: