Selasa, 16 Februari 2010

Kiat Sukses Jualan Afiliasi

affiliate program
Setiap pebisnis afiliasi berusaha mencari cara pemasaran yang bisa memberikan komisi paling besar. Mereka sering memikirkan suatu formula ajaib yang sudah tersedia dan langsung bisa digunakan. Sebenarnya tidak ada formula ajaib dan kita bisa langsung kaya, melainkan kerja keras da terkadang butuh waktu yang tidak cepat.
Ada beberapa trik yang bisa dibilang cukup berhasil untuk memasarkan afiliasi. Dengan tips berikut ini kita bisa menghasilkan penjualan yang lumayan.

Blog Unik
Gunakan blog unik (khusus) untuk mempromosikan setiap produk kita. Jangan menguunakan satu website untuk mempromosikan semua bisnis afiliasi yang kita ikuti. Adalah hal terbaik kita jika memiliki sebuah blog yang fokus pada satu produk.
Sertakan review produk di blog tersebut sehingga pengunjung memiliki pengertian awal terhadap apa yang bisa dilakukan oleh produk terhadapnya. Akan lebih baik jika kita mengemukakan manfaat yang telah kita dapatkan dari produk yang kita tawarkan tersebut.
Satu hal yang paling penting, jangan melakukan hard selling. Lakukan penjualan secara halus dan pelan-pelan. Tujuan utama blog tersebut adalah membangun kepercayaan dan hubungan antara kita dengan pengunjung.
Untuk membuat blog, kita bisa menggunakan yang gratisan, semisal WordPress atau Blogger.
Tawarkan eBook Gratis dan Follow Up
Tawarkan ebook gratis kepada pengunjung blog kita. Cobalah membuat pesan-pesan autoresponder yang bisa dikirim secara otomatis. Biasanya penjualan terjadi setelah 7 kali pengiriman pean. Kita bisa membuat autoresponder dengan software atau lewat jasa gratis pihak ketiga, misalnya FreeAutobot. FreeAutobot bisa mengirimkan attachment, sehingga ebook kita bisa dikirim melalui auto responder.
Denga cara itu, maka akan ada 2 hal yang mungkin terjadi, yaitu mereka membeli produk kita atau meninggalkan blog kita. Tetapi jika kita bisa mengontak mereka dalam satu periode maka hubungan kita dengan pengunjung akan lebih lama. Kita bisa mengingatkan mereka tentang blog kita sekaligus dengan produk yang kita tawarkan.
Saat menulis pesan untuk auto responder, jangan melakukan hardselling atau langsung menawarkan produk dengan berbagai macam persuasi. Kita bisa menuliskan salah satu aspek produk dan manfaatnya dalam bentuk advertorial atau pengalaman kita sendiri. Kita bisa mnyisipkan artikel yang bermanfaat. Jika kita langsung menjual, kemungkinannya prospek kita akan langsung kabur.
Posting Artikel
Jika orang mengunjungi blog kita tidak tertarik dengan apa yang kita tawarkan, maka mereka langsung pergi dan tak kembali lagi. Buatlah posting artikel untuk publikasi, letakkan di blog juga pada autoresponder dan mailing list.
Tema artikel harus sesuai dengan produk yang kita jual. Cobalah membuat 2 artikel setiap minggu dengan jumlah kata antara 300 dampai 600 kata. Bila menulis artikel secara kontinyu dan dibaca oleh 100 target pasar kita, paling tidak bisa berharap 1 orang akan membeli produk kita. Jika pengunjung mencapai 100 orang per hari, maka kita bisa mendapatkan 1 pembeli perhari. Jika komisi setiap produk Rp 50.000,00, maka kita akan mendapatkan komisi sebesar Rp 1.500.000,00 perbulan. Cukup limayan kan?! (Komputek, 637)

Tidak ada komentar: